Kamis, 20 Desember 2012

KUmpulan Puisi Anak Negeri


Terima Kasih Petani
Petaniku,
Kutahu engkau letih
Bekerja membanting tulang
Tanpa kenal pamrih
Petaniku,
Kau berangkat pagi
Pulang sudah petang
Bersahabat panas terik
Berteman dingin menghadang
Tiap hari berharap dan berdoa
Memohon pada Tuhan
Tanaman yang subur penuh berisi                                                                   
Serta panen yang melimpah ruah
Petaniku,
Sungguh besar jasamu bagi manusia
Kan kuingat segala payahmu
Terima kasih, petaniku

BULAN
Bulan…….
Di kala menjelang malam
Engkau muncul dibalik awan
Kau Nampak malu-malu
Engkau menyelimuti bumi ini
Dengan cahayamu
Bulan….
Engkau hadir diantara
Seribu bintang – bintang
Di antara mereka
Engkaulah kebanggaan hatiku
Bulan….
Tak puas – puasnya aku memandangimu
Bulan…
Dekatkan aku dengan penciptamu




Menuntut Ilmu
Sekolahku
Tempatku menuntut ilmu
Setiap hari Senin hingga Sabtu
Aku selalu hadir di tempatmu
Di sekolah inilah
Ku belajar berbagai pengetahuan
Aku mengerti tentang budi pekerti
Semuanya berguna jika aku besar nanti
Menuntut ilmu
Adalah perlu untuk semua orang
Siapapun yang ingin pandai
Tuntutlah ilmu setinggi mungkin




SAHABATKU
Dulu aku punya sahabat
Namanya Indri
Ia sangat baik
Ia sering menolongku
Sudah dua bulan aku pergi
Pergi bersama orang tuaku
Aku mebinggalkan dia
Pindah rumah ke luar kota
Kini belum ada penggantinya
Sahabat baik seperti dia
Sahabat yang sejati
Dalam suka dan duka
Indri…..
Walaupun aku jauh
Aku selalu ingat kamu
Aku pergi untuk mengejar cita-citaku






Burung Pipit

Suatu ketika dari jendela
Aku melihat seekor burung pipit
Entah darimana datangnya
Begitu cantik warnanya
Aku ingin mempunyainya
Tiba – tiba burung pipit itu
Masuk ke kandang merpati
Sebentar – sebentar dia terbang
Ke sana sini di kandang itu
Aku ingin menangkap burung pipit
Aku melangkah ke kandang merpati
Tapi, rupanya ada lubang di kandang itu
Langsung burung pipit terbang
Dengan suara cit-cit-cit









Jasa Petani dan Nelayan
Nasi yang kita makan sehari-hari
Atas kerja keras siapa?
Tentu saja petani
Jangan lupakan jasanya
Ikan segar bergizi
Atas hasil tangkapan siapa?
Ku tahu pasti
Itu jasa nelayan
Wahai, kawan
Jangan lupakan petani dan nelayan
Mereka berjasa besar
Dalam mencari bahan makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar